Dua Kendala Dalam Perkembangan Dunia Entrepreneurship

Bisnis? mungkin kata ini yang sekarang lagi populer. kalo dulu ketika masa dimana entrepreneurship belum seramai sekarang, kata ini masih sangat tabu untuk diucapkan. bahkan sebagian orang berpikir bahwa bisnis ini hanya sebuah pelarian bagi orang-orang yang tidak mendapat pekerjaan. atau mungkin bisa disebut dengan kata lain “pelarian para pengangguran”. Tapi sekarang, setelah makin populernya kata ini diiringi dengan berkembangnya juga dunia entrepreneurship atau kewirausahaan di Indonesia. Kata ini tidak dianggap sebelah mata lagi, bahkan kita bisa melihat bukti ini dengan ramainya buku-buku yang membahas dunia kewirausahaan. Dan tidak sedikit juga seminar atau workshop yang diadakan dimana itu berkaitan dengan entrepreneurship.kunci sukses memulai bisnis

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis atau wirausaha ini lah yang bisa menjadi obat untuk penyakit ekonomi di negara kita. Dimana sekarang Indonesia ini sedang butuh sekali peningkatan ekonomi khususnya dalam bidang ekonomi rill. Dan itu tidak mungkin naik dan berkembang kecuali dengan munculnya para pengusaha atau entrepreneur baru.

Peningkatan ini memang sudah terasa, dimana tadi sudah saya katakan bahwa makin banyak bermunculannya buku-buku dan seminar yang diadakan dengan tema entrepreneurship. Dan memang ini juga memunculkan para pengusaha baru. Tapi disini masih ada beberapa celah atau kesalahan dari makin populer dan meningkatnya dunia entrepreneurship ini, yaitu munculnya para pengusaha yang hanya anget-anget tai ayam (muncul lalu tenggelam) dan ketidak beranian para calon pengusaha untuk memulai sebuah usahanya.kunci sukses memulai bisnis

Bukan hendak menggurui, tapi ini hanya yang saya perhatikan dari lingkungan dan teman-teman sekitar saya. Dimana memang perkembangan dunia kewirausahaan ini menjadikan kata bisnis ini semakin populer. Tapi ketidak beranian para calon pengusaha inilah yang menjadikan BISNIS ini hanya sebuah kata yang populer saja tapi tidak ada realitanya.

Saya merasakann sendiri bagaimana sulitnya untuk memulai sebuah usaha bagi para calon pengusaha baru. Dan itu memang sebuah kendala bagi pengusaha baru, tapi kita tetap harus berani dan memulai sebuah langkah jika ingin menjadikan sebuah raksasa bisnis. Dan hanya ada satu kunci yaitu “take Action”. :)

Dan satu lagi penyakit untuk para pengusaha, penyakit ini bukan menyerang calon pengusaha baru. Tapi ini menyerang para pengusaha baru yang memang sudah mulai usaha. Ada sebagian orang yang sudah mulai usahanya tapi tidak lama dari itu, ketika mereka menghadapi masalah-masalah di awal bisnisnya. Mereka gulung tikar dan akhirnya hilang entah kemana dari dunia entrepreneur. Atau masyarakat biasa menyebutnya anget-anget tai ayam (baru muncul setelah itu hilang lagi).

Itulah 2 penyakit yang menyerang perkembangan dunia entrepreneurship. Dan itu yang saya garis bawahi, semoga kita berani mengambil action / tindakan dan juga bisa konsisten dalam dunia bisnis. Salam sukses,

10 thoughts on “Dua Kendala Dalam Perkembangan Dunia Entrepreneurship

  1. take action n harus berani mengambil resiko sob :D
    ane pengen banget jadi Successful Entrepreneurs kalo udah dewasa nanti :) ane belajar dunia wirausaha di sekolah soalnya di sekolah ane ada pelajaran Kewirausahaan :)

    Suka

Tinggalkan sebuah komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s