3 Modal Utama Dalam Berbisnis

Sebenarnya materi ini ane dapat pas kemare ane ikut seminar / workshop KITAB ANTI BANGKRUT dengan pembicara mas J – @JayaYEA. Dan rasanya ane perlu sampein lagi tu materi di blog ane ini. Karena emang kerasa banget di diri ane sendiri ketika ngejalanin bisnis. Dimana 3 modal utama dalam berbisnis atau ketika ente mau bangun sebuah bisnis. Apa tu 3 modal utamanya. Ok sob, dilanjut baca dulu aja ok. :mrgreen:

Banyak orang yang bingung ketika awal mau membuka bisnis. Sebenarnya mau buka bisnis apa? dan modalnya berapa untuk bangun bisnis itu. Pokoknya semua serba bingung deh, sampe-sampe bisnisnya ga jalan-jalan gara-gara kebanyakan bingung. Sebenarnya kalo mau buka bisnis itu ga perlu bingung. Karena dulu Rasulallah SAW juga seorang pebisnis sukses. Bagaimana Beliau ketika membawa dagangan siti khadizah dengan sukses. Dari sirah Beliau ini lah sebenarnya para entrepreneur harus mengambil pelajaran apa sebenarnya modal utama dalam bisnis itu.

Skill (Kemampuan / Keahlian)

Ini ni modal paling utama ketika ente mau mulai sebuah bisnis. Entah itu bisnis apa kek, yg penting ente harus punya skill atau  kemampuan dulu. Disini bisa kemampuan apa aja yang ente udah pelajari atau memang ente senangi. Contoh aja gini, ente punya skill / keahlian di bidang masak. Dan orang banyak komentar kalo ente jago masak dan masakannya enak. Otomatis ente udah punya tuh modal utama untuk mulai sebuah bisnis yaitu SKILL / KEAHLIAN ente dalam memasak tu. Pokoknya yang dimaksud disini semua skill / keahlian yang dapat bermanfaat. Semua keahlian itu bisa dimanfaatkan untuk memulai sebuah bisnis. Kalo ente ga punya keahlian? ikut aja training atau pelatihan yang menyangkut keahlian yang pengen ente tekuni itu. Jadi deh ente punya keahlian juga. ente harus punya kemampuan dan minat dulu sebelum membangun sebuah skill. karena dari minat itu ente bakal punya banyak energi utnuk ngembangin skill / keahlian ente tu.

Kredibilitas (Kepercayaan)

Dulu ketika awal-awal ane buka bisnis atau usaha. Ane tu selalu berpikir bahwa skill itu yang utama. Dimana ane harus punya ilmunya dulu. Sampe ane fokus disitu aja, dan ane ga nyadarin kalo ada faktor lain di bisnis juga yang sangat penting yaitu kredibilitas (kepercayaan). Dan belakanga ini baru kerasa setelah dapat berbagai pengalaman dan nasihat dari para mentor bahwa kredibilitas ini penting banget. Percuma ente punya skill / keahlian dan bisa membuka bisnis tapi ente ga punya kepercayaan dari orang lain. Karena dari kredibilitas / kepercayaan ini lah banyak muncul sikap loyalitas dari para pelanggan ente. Percaya deh, ente bangun bisnis ente dengan baik. Bangun kepercayaan dari pelanggan, yakin dah tu bisnis ente pasti bakal lari manis kaya kacang goreng.

Kalo ente mau nengok sedikit aja ke sirah nabawiyah. ente pasti tau kalo dulu nabi Muhammad SAW itu dapat gelar Al-Amiin (orang yang dapat dipercaya). Dan dengan modal kepercayaan itu lah bisnis Nabi Muhammad SAW bisa sukses besar. Harusnya para entrepreneur muslim bisa lebih memahami hal ini karena udah dicontohkan oleh sauri tauldan kita sendiri.

Network (Jaringan)

Kalo dua hal diatas tadi itu 2 modal biar bisnis ente terbangun dan jalan dengan lancar. Modal bisnis yang terakhir ini fungsinya buat membesarkan bisnis. Kalo bisnis ente udah jalan dan lancar dengan banyaknya pelanggan karena kredebilitas ente. Tu bisnis pasti lancar terus, tapi perkembangan atau pertumbuhannya kurang pesat. Nah, kalo ente pengen bisnis ente gede. Dan berkembangan dengan pesat, coba deh bangun networking yang bagus (jaringan). Dengan banyaknya jaringan / teman yang ente punya, ga menutup kemungkinan dari salah satunya adalah pembuka pintu rejeki ente. Dimana dia tu bisa jadi jalan buat ente untuk membesarkan bisnis ente. Ane udah ngerasain sendiri manfaat dari network (jaringan) ini. Dimana kalo network yang ente bangun bagus, insya Allah dah tu ga bakal ada yang namanya gagal. Walalupun gagal ente bakal dapat support dari teman-teman (jaringan) ente itu.

Selain itu juga, kalo ente punya jaringan (network) yang bagus. Ini bisa jadi jadi modal ente dalam awal buka bisnis. Misalkan, ente udah punya skill dan kredibilitas nih tapi ente ga punya modal buat langkah awal bisnis ente. Cari aja investor yang mau ngdanain tu bisnis. Kalo ente udah punya 2 modal utama yang sebelumnya yaitu SKILL dan KREDIBILITAS. Nyari modal ratusan juta mah gampang. hehe :mrgreen: (sorry sob kalo agak lebay)

Jadi, apa lagi dah tu yang ente bingungin kalo mau buka bisnis. Modal utamanya udah dikasih tu, sekarang tinggal gimana ente ngjalaninnnya. Yang penting sebelum nglakuin bisnis atau pekerjaan apa pun. Lurusin dulu niatnya, abis tu ikhtiar (usaha) dan jangan lupa do’a juga. Semoga 3 modal utama dalam berbisnis ni bisa memotivasi kita semua untuk terus berkembangan dan melahirkan banyak entrepreneur muda Indonesia. Salam sukses, 😎

Tentang Rumambay

Travelpreneur dan Digital Marketer yang hobi banget traveling. Sedang berbisnis di bidang tour agency dengan brand Labiru Tour & Travel. Terus BELAJAR, BERUSAHA, dan BERBAGI. Aktif menulis di blog pribadi dan beberapa web lain yang dikelola. Hubungi saya untuk berkenalan lebih lanjut.

11 comments… add one
  • Amirullah Daeng Sibali Agu 20, 2013, 8:19 pm

    ia, saya sependapat dengan 3 prinsip ini, sangat penting dimiliki oleh seorang entepreneur

    • Mambay Agu 21, 2013, 12:56 am

      betul banget tu, karena selama yg ane alami juga. 3 prinsip ini yg penting kalo mau jalani usaha. 🙂

  • mysukmana Jul 20, 2013, 2:45 pm

    sama seperti yang di ajarkan oleh TDA (Tangan Diatas) 🙂

    • Mambay Jul 21, 2013, 4:05 pm

      iya, mungkin inti’a masih sama karena sama-sama pengusaha. 😀

  • Idah Ceris Jul 20, 2013, 1:54 pm

    Gimana kalau kepercayaan dipindah pada urutan pertama, Mas? :mrgreen:

    • Mambay Jul 21, 2013, 4:05 pm

      yg mana aja di urutam pertama boleh aja, karena kan itu modal utama’a, kalo kurang satu tetap aja bakal kurang modalnya. tapi kalo menurut ane, kredibilitas tu lebih berfungsi untuk pengembangan sedangkan skill untuk pembentukan bisnis itu sendiri. maka’a ane taro di awal. hehe :p

  • Ilham Jul 20, 2013, 12:49 pm

    keren tipsnya masgan.intinya harus kerja keras supaya usaha punya tracknya sendiri ya. lanjutgan.

    • Mambay Jul 21, 2013, 4:03 pm

      betul tu, kerja keras dan doa tu kaya dua sisi mata uang yg g bisa dipisahin. 😀

  • Zat Winarko Jul 20, 2013, 8:20 am

    Wah getol berbisnis sekarang mas, moga sukses ya…

    • Mambay Jul 21, 2013, 4:02 pm

      kalo bisnis mah udah jadi hobi dr dulu mas, hehe :mrgreen:

Leave a Comment