Jika anda berpergian jauh antar pulau dan menggunakan pesawat, dimana anda membeli tiketnya? kemungkinannya hanya dua, yaitu anda membeli langsung dari maskapai yang anda gunakan. Atau anda membeli tiket pesawat tersebut dari travel agent terdekat.

Dan kebanyakan orang, pasti lebih memilih untuk membeli dari travel agent terdekat karena alasan kemudahan pembayaran, informasi, dan lain-lain.

Hal ini yang membuat orang banyak mengira bahwa bisnis tour & travel agent itu hanya menjual tiket pesawat saja. Padahal jika anda ingin mengetahui lebih jauh lagi, masih banyak sekali produk-produk yang ditawarkan oleh tour & travel agent tersebut.

Kali ini, saya akan membahas tentang apa saja produk dari tour & travel agent tersebut. Agar tidak banyak orang mengira lagi bahwa tour & travel itu hanya menjual tiket pesawat saja.

 

tiket pesawat murah

Ticketing / Tiket

Ini produk utama yang paling banyak dikenal. Karena sedari dulu, orang lebih kenal travel agent itu dengan produk tiketnya, terutama tiket pesawat.

Produk tiket di travel agent ini sebenarnya bukan hanya tiket pesawat, ada juga tiket kereta api, tiket bus, dan tiket kapal laut.

Tapi sebagian besar travel agent, biasanya hanya menjual 2 tiket yaitu tiket pesawat dan tiket kereta api. Jika Anda ingin mencari tiket pesawat atau tiket kereta dengan sistem pencarian harga terbaik, Anda bisa mengunjungi Labiru Travel.

 

Paket Tour

Mungkin ini produk yang paling familier nomor 2 setelah tiket tadi. Ya, paket tour atau paket liburan ini juga merupakan produk dari tour & travel agent. Baik itu paket tour domestik ataupun mancanegara.

Paket tour ini biasanya ditawarkan dalam bentuk paket perjalanan yang sudah meliputi akomodasi penginapan, tiket objek wisata, makan, transportasi, dan lain-lain.

Yang jika anda memesan paket tour tersebut, anda sudah terima beres rencana liburan anda. Dan salah satu bisnis utama yang saya jalankan di bidang tour travel yaitu penjualan paket tour ini. Jika Anda ingin melihat paket tour yang saya tawarkan. Anda bisa mengunjungi Labiru Tour untuk info lebih detailnya.

 

Voucher Hotel

Saya akan membongkar satu rahasia kepada anda. Jika anda ingin memesan kamar hotel baik di indonesia ataupun mancanegara, saya sarankan jangan pernah memesan kamar langsung ke pihak hotel. Tapi lakukan pemesanan melalui travel agent terpercaya.

Karena apa, karena anda pasti akan mendapatkan harga lebih murah dibanding dengan anda melakukan reservasi langsung ke hotel. Saya jamin itu…

Ini bisa terjadi karena antara pihak hotel dan travel agent terkait, sudah ada kontrak kerja sama harga yang mana travel agent ini merupakan jalur distribusi pihak hotel untuk menjual kamarnya.

Dan tentu, untuk bisa menjual kamar hotelnya. Pihak hotel harus memberikan harga khusus kepada travel agent terkait. Dan ini juga yang menjadikan voucher hotel adalah produk utama dari travel agent.

 

Sewa Kendaraan Wisata

Selain menjual produk-produk seperti tiket, hotel, dan paket tour. Travel agent juga melayani sewa kendaraan wisata seperti sewa bus, sewa mobil, motor, sepeda, boat, atau kendaraan wisata lainnya.

Ini dijadikan salah satu produk travel agent juga, karena memang penggunaan kendaraan wisata merupakan salah satu kebutuhan wisatawan juga.

Terkadang banyak wisatawan yang ingin mengeksplor satu tempat wisata sendiri dan tidak mau terikat dengan jadwal tour. Biasanya mereka hanya menyewa kendaraan wisatanya saja seperti mobil atau bus untuk berkeliling mengunjungi beberapa tempat wisata.

 

Umroh dan Haji Plus

Belakangan ini juga mulai marak beberapa travel agent yang menawarkan produk umroh dengan cara MLM. Yang akhirnya, banyak orang yang beranggapan bahwa produk travel agent itu yang MLMnya tadi. Padahal produk utama dari travel agent itu sebenarnya adalah paket Umroh dan Haji Plus tadi, bukan produk atau sistem MLMnya. Perlu diluruskan ini,

 

MICE

Nah, ini adalah produk tour & travel agent yang paling tidak familier.

Apa itu MICE…?

MICE merupakan singkatan dari Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions.

Untuk lebih mudah memhaminya, selain semua produk yang telah saya sebutkan diatas. Tour & travel agent juga melayani produk / jasa paket meeting, outbound, tour gathering perusahaan, atau kalo di Jakarta banyak yang menyebut tour & travel agent itu sebagai EO (Event Organizer).

Karena memang peran atau tugasnya hampir sama yaitu menghandle atau mengorganisir event-event tour, meeting, dan gathering instansi-intansi baik pemerintah ataupun swasta. Yang biasanya dikemas juga dalam bentuk paket, seperti paket tour tadi.

Ok, itu 6 produk utama dari tour & travel agent. Sebenarnya ada hal lain yang ingin saya luruskan juga, yaitu perbedaan tentang tour agent dan travel agent.

Tapi mungkin saya akan membahas tentang itu dalam tulisan khusus. Karena jika dibahas disini, tulisan ini akan menjadi sangat panjang dan membuat anda bosan untuk membacanya. 😀

Yang penting, anda sudah mengetahui dan memahami tentang apa saja itu produk dari tour & travel agent. Itu sudah cukup, dan ketika anda membutuhkan produk / jasa tersebut, anda tau harus mencarinya dimana.


Marczumi Rumambay
Marczumi Rumambay

Entrepreneur, Digital Marketer & Google Ads Certified.